My Opinion About On Time
MY OPINION ABOUT ON TIME
On
time atau tepat waktu menurut aku sendiri adalah ketepatan seseorang untuk
melakukan suatu hal sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. Setelah
mengamati kondisi yang ada di sekitar lingkunganku, aku menyimpulkan orang Indonesia
sendiri seperti nya memang terbiasa untuk mengulur waktu atau yang sering kita
sebut dengan NGARET.. Betul nggak guys??
Contoh
nya nih saat rapat, udah di buat di pengumuman rapat akan di mulai jam 15.00
ehh ternyata jam 15.00 itu yang dateng Cuma segelintir orang atau bahkan belum
ada yang datang sama sekali. Masih harus nunggu yang lain dulu dan
ujung-ujungnya rapat di mulai jauh dari pengumuman yang telah di buat.
Alasannya ya beragam, ada yang isi bensin dulu, ada yang makan dulu, nyuci baju
dulu, dan bla bla bla. What?? Alasan itu sebenarnya nggak bisa di terima,
karena itu semua bisa di lakukan sebelum jam rapat bukan? Atau bisa dilakukan
setelah rapat. Oke jika alasannya karna kuliah misalnya atau karna ikut suatu
kompetisi yang hal tersebut pun memiliki aturan yang lebih kompleks.
Trus apa
saja sih alasan kenapa kebanyakan orang males untuk hadir tepat waktu saat ada
pertemuan?
“Mager”
Males gerak, itu salah satu penyakit yang membuat kita sendiri males
untuk datang tepat waktu, karna masih nyaman dengan aktifitas yang dilakukan
sebelumnya. misalnya tidur-tiduran, nonton film, baca buku dan lain-lain.
Solusi nya ya harus berantas rasa males itu donk, kalo kalian nggak
bergerak rasa males itu akan menguasai raga kalian.
“kalau aku datang tepat pada waktunya, nanti ternyata
sampai di lokasi malah membuat aku menunggu bagaimana?”
Jika semua
orang berfikir seperti itu bagaimana kata on time akan terwujudkan. Tidak ada
salah nya jika kita menjadi orang pertama yang datang saat pertemuan, bukan kah
itu akan menggambarkan kepribadian kita yang baik?
“Biarin deh nanti aja datang nya biar
sampe di sana duduk bentar langsung pulang lagi”
Heloow dimana manfaat nya kalo lo datang sekedar mau pulang?
Oke, aku bukan orang yang sempurna, mungkin seringkali juga tidak ontime
hhehe. Tapi sedikit kok, tidak banyak. Dan alasan aku untuk tidak ontime bukan
karna males, mager dan lain-lain. iyaa iya, mungkin itu ada tapi bisa di
hitung. Hhehe
Biasanya aku tidak ontime adalah
karena teman. Bukan karna mereka mempengaruhi ku untuk tidak ontime ya
maksudnya aku akan pergi bersama temenku, tapi temenku jemputnya lamaaa banget
atau saat kami ingin pergi bersama tapi dianya yang belum siap. Ya otomatis aku
juga ikut telat donk.
Trus alasan ku tidak datang tepat waktu adalah ketika kita tau draf
agenda sebenarnya. Misalnya ada suatu agenda yang akan di mulai jam 8 mereka
buat di penguman jam 7, katanya kalo buat waktu tepat nanti orang datang ngaret
malah merusak rondown yang ada. Iya ada benernya sih, sebenarnya itu tidak
baik. Resiko yang tidak datang tepat waktu donk! mereka yang akan ketinggalan
pembahasan. “Tapi kalo tidak datang tepat waktu semua bagaimana? Ya itu tadi
kembali ke pokok yang di atas.
Ohh iya, aku juga tipe orang yang lebih baik menunggu dari pada di
tunggu.
Kalau kalian??
Walau begitu karna aku tidak mau ditunggu orang jadi aku juga terkadang
sedikit badmood ketika aku sedang di
tunggu tapi aku tidak bisa datang tepat waktu karna aku sedang menunggu. Paham
tidak? Begitulah pokoknya :D
Yang aku bilang barusan ada hubungan nya loh antara on time dengan
buang-buang waktu. Ketika kita tidak ontime ada orang yang menunggu kehadiran
kita. Itu akan memakan waktu, yang seharusnya agenda itu bisa saja selesai
cepat. Ini malah terbuang sia-sia. Jepang di kenal sebagai negara yang sangat
menghargai waktu. Coba deh perhatikan orang luar negeri sana kalo jalan cepet
banget, tidak ada tu yang santuy seperti orang Indo. Karna peraturan akan waktu
di Jepang juga cukup berat. Misalnya mereka janji jam 12 maka jam 12 atau
sebelum jam 12 sudah hadir di tempat yang telah di sepakati, jika ada yang
tidak tepat waktu ya orang yang hadir terlebih dahulu bisa meninggalkan tempat itu
dan yang telat harus terima semua konsekuensi yang ada. Mereka harus tepat
waktu supaya bisa melanjutkan aktifitas atau agenda selanjutnya. Benar waktu
adalah uang, jadi jangan di buang-buang.
Kalau menurut aku, fine fine saja jika kita membuang waktu untuk diri
sendiri, misalnya mau mager-mageran saat jam kosong, main games seharian,
nonton drakor 20 episode dalam sehari. Why not? Karna itu pilihan kita, hak
kita untuk menggunakan waktu seperti yang kita mau. Kita sendiri juga yang nantinya
akan merasakan dampak negatifnya. Seperti, tugas yang makin menumpuk, hari yang
terasa sia-sia, dan lainnya. Hanya kamu yang tau itu. Tapi yang paling penting adalah jangan menggunakan
hak waktu yang lo miliki di atas kepentingan hak waktu orang lain.
Lo mau buang-buang waktu padahal orang lain sedang menunggu kehadiran lo,
atau lo mau mager-mageran di saat ada agenda yang lo juga berperan penting di
sana. Bisa jadi mereka sangat membutuhkanmu, tanpa dirimu semua nya tidak akan
berjalan sebagaimana mestinya. Jangan membuat mereka kecewa. Waktu mereka juga
berharga.
Detik terus berdetak, menit terus melaju, dan jam
akan berganti. Dont waste your time !!
Self
reminder J
Kerenn mbakk
BalasHapushihihi
HapusLagi mbak
BalasHapus